Sabtu, 26 Maret 2011

Beriman kepada Hari akhir

Kehidupan manusia itu terbagi menjadi 2 yaitu kehidupan pendek di Darul ’Amal dan kehidupan abadi di Darul Jaza.
1. Darul ’Amal :
adalah bumi atau dunia yang kita tempati sekarang ini sampai batas waktu tertentu yang amat singkat, tempat dan waktu yang diberikan kepada kitauntuk melakukan amal yang kita kehendaki seperti orang-orang sebelum kita yang juga telah mengalaminya.
Allah swt berfirman : QS Faathir 44-45
44. Dan apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu melihat bagaimana kesudahan orang-orang yang sebelum mereka, sedangkan orang-orang itu adalah lebih besar kekuatannya dari mereka? dan tiada sesuatupun yang dapat melemahkan Allah baik di langit maupun di bumi. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Kuasa.

45. Dan kalau sekiranya Allah menyiksa manusia disebabkan usahanya, niscaya dia tidak akan meninggalkan di atas permukaan bumi suatu mahluk yang melatapun[1262] akan tetapi Allah menangguhkan (penyiksaan) mereka, sampai waktu yang tertentu; Maka apabila datang ajal mereka, Maka Sesungguhnya Allah adalah Maha melihat (keadaan) hamba-hamba-Nya.
Setiap lewat sehari, kesempatan hidup pun berkurang dan kita semakin dekat dengan Darul Jaza (negeri balasan). Dan apabila kesempatan itu benar-benar habis hidup di dunia itu terasa kurang dari sesaat.
Allah swt berfirman : QS Yunus 45
45. Dan (Ingatlah) akan hari (yang di waktu itu) Allah mengumpulkan mereka, (mereka merasa di hari itu) seakan-akan mereka tidak pernah berdiam (di dunia) Hanya sesaat di siang hari, (di waktu itu) mereka saling berkenalan. Sesungguhnya Rugilah orang-orang yang mendustakan pertemuan mereka dengan Allah dan mereka tidak mendapat petunjuk
2. Darul Jaza :
Adalah negeri akherat tempat manusia mendapatkan balasan semua balasan di Darul ’Amal. Sedangkan maut adalah titik perpindahan dari Darul ’Amal ke Darul Jaza. Generasi yang hidup saat ini termasuk kita maksimal 100 tahun lagi akan mendapatkan balasan perbuatan kita.
Allah swt berfirman : QS As Sajadah 11-12
11. Katakanlah: "Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikanmu, Kemudian Hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan."
12. Dan, jika sekiranya kamu melihat mereka ketika orang-orang yang berdosa itu menundukkan kepalanya di hadapan Tuhannya, (mereka berkata): "Ya Tuhan kami, kami Telah melihat dan mendengar, Maka kembalikanlah kami (ke dunia), kami akan mengerjakan amal saleh, Sesungguhnya kami adalah orang-orang yang yakin."
70. Dan disempurnakan bagi tiap-tiap jiwa (balasan) apa yang Telah dikerjakannya dan dia lebih mengetahui apa yang mereka kerjakan.
71. Orang-orang kafir dibawa ke neraka Jahannam berombong-rombongan. sehingga apabila mereka sampai ke neraka itu dibukakanlah pintu-pintunya dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: "Apakah belum pernah datang kepadamu rasul-rasul di antaramu yang membacakan kepadamu ayat-ayat Tuhanmu dan memperingatkan kepadamu akan pertemuan dengan hari ini?" mereka menjawab: "Benar (telah datang)". tetapi Telah pasti berlaku ketetapan azab terhadap orang-orang yang kafir.
72. Dikatakan (kepada mereka): "Masukilah pintu-pintu neraka Jahannam itu, sedang kamu kekal di dalamnya" Maka neraka Jahannam Itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri.
73. Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan dibawa ke dalam syurga berombong-rombongan (pula). sehingga apabila mereka sampai ke syurga itu sedang pintu-pintunya Telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: "Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu. Berbahagialah kamu! Maka masukilah syurga ini, sedang kamu kekal di dalamnya".
74. Dan mereka mengucapkan: "Segala puji bagi Allah yang Telah memenuhi janji-Nya kepada kami dan Telah (memberi) kepada kami tempat Ini sedang kami (diperkenankan) menempati tempat dalam syurga di mana saja yang kami kehendaki; Maka syurga Itulah sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal".
75. Dan kamu (Muhammad) akan melihat malaikat-mmlaikat berlingkar di sekeliling 'Arsy bertasbih sambil memuji Tuhannya; dan diberi putusan di antara hamba-hamba Allah dengan adil dan diucapkan: "Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam".
Setelah kita mengetahui bahwa kehidupan manusia ada dua mari sekarang kita cermati mengenai firman Allah terkait dengan Fase kehidupan manusia setelah kehidupan dunia.
1. Alam Barzakh
Adalah kehidupan yang akan kita alami 9sejak kematian) sampai kiyamat datang saat Allah swt membangkitkan manusia untuk memenuhi perhitungan amal.
Allah swt berfirman : QS Ghafir 46
46. Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang[1324], dan pada hari terjadinya kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): "Masukkanlah Fir'aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras".
Allah swt berfirman : QS Ali Imran 169-170
169. Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup[248] disisi Tuhannya dengan mendapat rezki.
170. Mereka dalam keadaan gembira disebabkan karunia Allah yang diberikan-Nya kepada mereka, dan mereka bergirang hati terhadap orang-orang yang masih tinggal di belakang yang belum menyusul mereka[249], bahwa tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.
2. Al Ba’ats wa An-Nusyur ( Hari Kebangkitan dan Hidup Setelah Mati )
Setelah kehidupan di Alam Barzakh Allah swt membangkitkan manusia di hari kiamat untuk menyempurnakan perhitungan amal.
Allah swt berfirman : QS An Naba 17-18
17. Sesungguhnya hari Keputusan adalah suatu waktu yang ditetapkan,
18. Yaitu hari (yang pada waktu itu) ditiup sangsakala lalu kamu datang berkelompok-kelompok,
Mari kita jadikan momen di bulan Ramadhan tahun 1429 H ini untuk mentaskiyah diri kita sehingga Allah menghapuskan segala dosa kita dan menerima semua bentuk amalan ibadah kita sehingga kita dipilih Allah sebagai hambanya yang bertaqwa. Semoga ibadah kita bisa kita jadikan asuransi yang dapat kita petik nantinya disaat kita telah kembali kepada Allah Swt. Selain itu semoga ditahun yang akan datang kita lebih terjaga keimanan dan ketaqwaan kita kepada Nya sehingga kita terjaga dari perbuatan maksiat dan dosa dan kita siap menjadi jundi-Nya untuk berdakwah menegakan agama Allah ini sehingga Islam akan terjaga keberadaanya yang dapat membawa rahmatan lil’alamin di dunia dan diakherat kelak. Allahhuakbar..... Allahhuakbar........ Allahhuakbar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar